Pentingnya Memperhatikan Fitur-fitur & Kualitas Saat Membeli iPod Baru

Sebelum membeli portable player yang seperti diketahui , tentunya amat penting kita memperhatikan dan mengecek kualitas yang dimiliki, fitur-fitur yang ada disana serta spesifikasinya yang sesuai dengan kit harapkan, sehingga nantinya dapat menampilkan peforma dan kualitas suara yang terbaik. Banyak yang menyarankan kita untuk membeli barang yang baru-baru saja, baik itu dari segi fisiknya (bukan barang second), serta dari seri versi atau generasi, banyak yang mengatakan yang terbaik adalah yang keluaran terbaru.

Pentingnya Memperhatikan Fitur-fitur & Kualitas Saat Membeli iPod Baru
Pentingnya Memperhatikan Fitur-fitur & Kualitas Saat Membeli iPod Baru

Termasuk dalam membeli Pod touch maka disarankan juga untuk membeli yang terbaru. Karena masih terngiang dengan kelebihan yang ada pada iPod generasi pertama, dimana kelebihannya ini benar-benar membuat memanjakan telinga untuk mendengarkan suara yang jernih, akan tetapi pada iPod touch generasi 4, entah mengapa banyak yang merasa tidak terpesona dengan kualitas suaranya, tidak seperti yang ada pada generasi pertama.

Dimana memang suaranya memberikan kesan bersih dan detail, akan tetapi rasa-rasanya cenderung tajam, dan bass yang juga terasa kasar, sehingga memang generasi 4 ini tidak memberikan suara yang terasa istimewa dibandingkan dengan perangkat-perangkat sejenis lainnya. Agar lebih obyektif, maka dilakukan sedikit pengecekan pada spec hardware yang ada pada iPod. Dimana komponen penting salah satunya  pada digital audio player, yaitu  adalah chip DAC (Digital to Analogue Converter), yang bekerja melakukan konversi data digital menjadi gelombang suara.

Pentingnya Memperhatikan Fitur-fitur & Kualitas Saat Membeli iPod Baru

Dan ternyata pihak Apple.Inc ini “tega” untuk mengganti chip DAC Wolfson, dimana chip tersebut memiliki kualitas super dan juga terkenal. Untuk yang memang pecinta iPod dan memiliki pemahaman tentangnya, maka tentu tidak asing lagi dengan yang namanya Wolfson atau Burr Brown, dimana chip tersebut yang membuat iPod generasi 1 naik daun, sehingga melahirkan generasi-generasi selanjutnya.

Pada iPod generasi 5, memiliki kualitas  suara yang baik, dengan vokal yang hangat dan lebih tebal, dan alunan suara yang tidak menusuk, sehingga lebih nyaman didengarkan dibandingkan dengan yang generasi 4.

Seperti pembahasan sebelumnya mengenai  chip DAC Wolfson, berikut di bawah daftar perangkat / gadget keluaran Apple yang memakai chip DAC Wolfson, dengan informasi tipe chipnya:
  • iPod 1G & 2G (WM8721), 3G (WM8731), 4G(WM8975), 5G (WM87588G) and 5.5G (WM87588G)
  • iPod nano 1G (WM8975G), 2G (WM8975), 3G (WM1870)
  • iPod Touch 1G (WM8758BG)
  • iPod mini (Wolfson 8731?)
  • iPhone (WM8758BG)
  • iPhone 3G (WM6180)
  • iPhone 5, juga menggunakan DAC Cirrus Logic atau chip DAC Wolfson.

Kamu bisa memilih perangkat gadget yang disebutkan diatas jika memang ingin mengutamakan kualitas suara yang sangat baik, yang nyaman didengarkan. Akan tetapi agar tidak disalah pahami, secara umum bahwa bukan berarti perangkat yang tanpa DAC Wolfson itu jelek, dimana masing-masing juga memiliki keistimewaannya masing-masing.

Cara membedakan IPod Asli (buatan Apple) dengan iPod Replika / Palsu

iPod merupakan barang yang bagus dan menarik, tetapi tentu dengan banderol harga yang cukup tinggi, walaupun mahal begitu tetap saja banyak yang mencarinya, sehingga sangat laku tinggi. Dan hal ini dimanfaatkan oleh sebagian oknum untuk membuat REPLIKA iPod, dengan bentuk fisik yang sama, akan tetapi kualitasnya pasti berbeda, sehingga hal ini sangat merugikan konsumen. Berikut di bawah ini cara membedakan iPod asli buatan Apple, dengan iPod palsu atau replika:
  1. Perhatikan serial number pada iPod yang ingin dibeli, apakah mencurigakan.
  2. Kamu cek serial number di iPod dengan serial number yang ada di iTunes, apakah sinkron atau cocok.
  3. Kamu juga bisa mengecek serial number iPod di website resmi milik Apple.
  4. Ciri-ciri iPod replika yaitu apabila memasukan foto, film dan audio maka cukup dengan Copy-paste langsung. Akan tetapi untuk  iPod asli maka harus dengan menggunakan iTune untuk memasukan data-data seperti foto, audio dan video. Dimana karena tanpa lewat iTune, maka iPod tidak akan membaca filenya, dan hanya bisa menyimpannya saja.
  5. Perlu diketahui bahwa garansi yang ada pada iPod tidak menggunakan kartu garansi fisik, akan tetapi kartu garansinya dengan sistem online untuk mengeceknya, sehingga nantinya Kamu bisa mengecek di website resminya, dengan memasukan serial number-nya, lalu tinggal klik “Continue”.  Sehingga Kamu bisa memastikan bahwa iPod yang dibeli adalah asli buatan Apple.

Semoga bermanfaat.

loading...

Tips dan Aplikasi Android, iOS

Software Edit Video

Tips Gadget dan Smartphone

Tips Internet

Tips Umum

Tips Komputer dan Laptop