6 Penyebab Kuota Internet Cepat Habis, dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis -- Sering kali sebagai pengguna paket internet, kita mengalami  kebingungan, apalagi untuk pemula, dimana baru saja beberapa hari membeli paket kuota, yang  rencananya untuk satu bulan, bahkan satu minggu, bahkan satu bukan,  akan tetapi sudah habis. Masalah seperti ini cukup sering terjadi, tetapi masalahnya bukan pada operator itu sendiri, karena operator seluler sudah memberikan peraturan jelas, dan memenuhi hak pelanggannya sesuai dengan kebutuhan, walau memang saya kira biaya internet di Indonesia masih mahal dibandingkan dengan kualitas koneksi internet yang didapat.

6 Penyebab Kuota Internet Cepat Habis, dan Cara Mengatasinya
6 Penyebab Kuota Internet Cepat Habis, dan Cara Mengatasinya

Nah, sebagai pemilik kuota internet mungkin telah “tanpa sadar” melakukan aktifitas-aktifitas yang membuat kuota internet di kartunya tersebut cepat habis. Dimana kuota data internet selalu saja habis, padahal tanggal aktif kuota masihlah lama. Dimana diantara kita, mungkin berlangganan kuota data 600MB, 2GB, sampai dengan 6GB. Kehabisan kuota ini memang menjadi momok menakutkan untuk pengguna internet.

Terutama bagi yang aktif di internet baik itu melakukan blogging, berkomunikasi menggunakan layanan WhatsApp, LINE, BBM, dan Skype, serta berbagai kegiatan lainnya.

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis, dan Cara Mengatasinya

Terdapat beberapa penyebab yang membuat kuota internet Kamu cepat sekali habis, hal tersebut perlu diwaspadai, berikut di bawah ini penjelasannya.

1. Nonton streaming video berjam-jam, seperti di Youtube, DLL
Aktifitas streaming di youtube, ataupun yang semacamnya  seperti TV online dan lain-lainnya, maka aktifitas tersebut perlu Kamu batasi, boleh-boleh saja streaming video  atau TV online tetapi dibatasi lamanya. Hal itu karena streaming video sangat banyak menguras kuota internet. Terutama untuk Kamu yang streaming video online dengan kualitas HD, dimana dengan durasi 5 menit anda bisa menghabiskan kuota sekitar 100 MB.

Untuk itu, jika kamu ingin streaming maka gunakan kualitas rendah saja agar dapat mengirit banyak kuota data internet, dan apabila Kamu suka dengan suatu video, dimana sering menonton-nya berulang-ulang, maka lebih baik Kamu download saja, lalu simpan di PC, maka Kamu bisa memutarnya video tersebut secara offline.

2. Main Game Online
Bermain game online memang seru, dan membuat kita mendapatkan kesenangan tersendiri, akan tetapi setelah bermain game online, Kamu perlu juga cek kuota untuk mengetahui seberapa besar kuota yang dimakan, karena berdasarkan survey yang dilakukan, bahwasannya bermain game online cukup banyak menguras kuota data intenet, terutama bermain game dengan genre real time action. Untuk itu, jika game yang Kamu mainkan menguras banyak kuota internet, maka lebih baik jagoan terlalu sering memainkannya.

3. Aktiftias Update Aplikasi
Baik itu pengguna dari platform  Android, iOS, Windows Phone, dan Blackberry, maka disana tersedia banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan, dan setiap pengguna ponsel cerdas pasti akan memasang aplikasi,  akan tetapi yang perlu diketahui bahwasannya ada beberapa (bahkan banyak) aplikasi yang membutuhkan update secara rutin, yang tentunya proses update akan memakan kuota data internet yang tidak sedikit. Untuk itu, apabila ada aplikasi yang memang tidak terlalu perlu untuk dilakukan update, maka Kamu bisa mematikan saja fitur update otomatisnya, kecuali untuk aplikasi penting seperti antivirus yang lebih baik diaktifkan fitur update otomatisnya.

4. Upload Video
Youtube, sebuah tempat sharing video yang sangat populer, memberikan kemudahan penggunanya dalam melakukan upload video. Tetapi tentunya Kamu tahu bahwa namanya video maka akan memiliki ukuran file yang besar. Apabila Kamu ingin upload tiga buah video dengan ukuran 200 MB, maka berarti jumlah semuanya menjadi 600 MB, tentu angka yang besar, tetapi tidak heran karena video memang ukuran filenya besar. Untuk itu penting membatasi aktifitas untuk upload video ini jika ingin kuota Kamu tidak cepat habis

5. Sering berkomunikasi via Video Call
Mengapa video call juga membuat kuota internet cepat habis, karena bentuknya juga video (seperti pada penjelasan poin ke-4),yang namanya video memerlukan ukuran file yang besar.  Berkomunikasi via Video Call bisa menggunakan layanan seperti Skype dan Facetime. Kuota data yang dibutuhkan untuk video call setiap menitnya adalah 3 Mb, maka satu jam video call akan memerlukan  kuota internet sebesar 180 MB

6. Fitur Backup Foto
Mungkin Kamu orang yang hobi memotret foto dan merekam video dengan smartphone, maka lebih baik fitur Auto Backup yang ada pada smartphone dinonaktifkan saja. Walaupun dengan diaktifkan kamu memiliki keuntungan, yaitu supaya foto atau video bisa tersimpan dengan aman, serta bisa diakses via cloud, akan tetapi penggunaan fitur ini (karena melakukan upload otomatis) maka cukup banyak menghabiskan kuota data internet.

Untuk mematikan atau menonaktifkan fitur backup ini mudah, pertama-tama masuk ke aplikasi Photos, lalu sentuh tombol menu (yang berbentuk tiga titik vertikal), lalu pilih Settings, pilih Auto Backup (matikan atau nyalakan), di sana Kamu matikan, selesai (cara ini untuk pengguna Android). Adapun cara pada iOS, pertama-tama pergi ke Settings, lalu pilih iCloud, pilih, Storage, pilih Manage Storage.

Pada Windows Phone 8.1, caranya pertama-tama pergi ke Photos, la pilih, Settings, laku pilih OneDrive. 

Semoga bermanfaat.

loading...

Tips dan Aplikasi Android, iOS

Software Edit Video

Tips Gadget dan Smartphone

Tips Internet

Tips Umum

Tips Komputer dan Laptop