Cara Factory Reset pada Samsung Galaxy Young SCH-I509

Untuk Kamu pengguna dari smartphone Samsung Jenis Galaxy Young SCH i509, dimana didalamnya terdapat berbagai fitur, yang umumnya seperti pengguna ponsel lainnya yang menggunakannya untuk telepon, sms , facebookan , twitteran, WhatsApp-an dan banyak lainnya yang dapat dilakukan, karena fitur canggih yang terdapat pada  Samsung Galaxy Young SCH-I509.

Cara Factory Reset pada Samsung Galaxy Young SCH-I509
Cara Factory Reset pada Samsung Galaxy Young SCH-I509

Dan apalagi fitur koneksi  internet-nya yang seperti HSDPA dan WIFI dengan ditambah tethering & portable hotspot. Akan tetapi hindari menggunakan fitur-fitur pada smartphone secara berlebihan, seperti ketika kisah nyata seseorang yang ponselnya mengalami masalah,  dimana melakukan restart secara terus menerus, dan kemudian coba diatasi dengan berbagai cara, akan tetapi belum membuahkan hasil, sehingga karena emosi hampir saja membanting ponselnya sendiri, tetapi untungnya hal bodoh tersebut tidak terjadi, karena kalau dibanting malah tambah rusak kan…?

Adapun asumsi awal dari masalahnya yaitu seperti kondisi baterai yang sudah low, kondisi memory sudah penuh, serta suhu ponsel yang mengalami over heating (kepanasan), dimana masalah over heating ini karena ponsel selalu dioperasikan dalam waktu yang lama, dengan membuka program-program yang berat, seperti salah satunya game, apalagi jika memainkan game HD maka akan membuat smartphone menjadi cepat panas.

Cara factory reset pada Samsung Galaxy Young SCH-I509

Nah untuk mengatasi masalah pada beberapa asumsi yang disebutkan diatas, maka sudah dilakukan dengan cara-cara ala MacGyver, akan tetapi masalah masih belum dapat teratasi. Kemudian setelah mencari penjelasan di mbah Google, maka ditemukan cara tercepat untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan reset ulang, sehingga ponsel akan dibuat seperti setting an awal ketika pertama beli membeli ponsel tersebut. 

Melakukan Factory Reset ini memang memberikan keuntungan dan kerugian, akan tetapi yang jelas bahwa terkadang memang perlu dilakukan, seperti karena hal mendesak seperti yang disebutkan diatas sebelumnya, kemudian juga karena lupa pin, lupa kombinasi password, hingga diblokir, dan yang menambah parah masalah yaitu email dan password yang digunakan untuk mengakses Android juga lupa, tujuan lainnya dari melakukan factory reset yaitu untuk menyegarkan (refresh) kembali ponsel Android seperti semula ketika pertama kali membeli. 

Adapun untuk problem lupa kombinasi pin sehingga ponsel terblokir, serta juga lupa email dan password untuk mengakses smartphone Samsung Galaxy Young SCH-I509, maka membuat kita “terpaksa” melakukan reset factory reset. Nah, berikut di bawah ini cara untuk melakukan factory reset pada ponsel Samsung Galaxy Young SCH I-509.

1.Matikan dahulu ponsel Samsung Galaxy Young SCH I-509 yang ingin Kamu factory reset

2. Kemudian bukalah penutup nya, kemudian lepas SIM card dan memory card dari perangkat smartphone.

3. Hidupkan kembali smartphone Samsung Galaxy Young milikmu tersebut, yaitu dengan menekan tombol volume atas (volume +) dan tombol power secara bersamaan, Kamu tekan terus muncul pilihan:
  • Reboot system now
  • Apply update from sdcard
  • Wipe data / factory reset
  • Wipe cache partition

4. Pilih pada “Wipe data/factory reset”, untuk memilihnya dengan tombol volume + dan volume – (untuk memilih menunya_.

5. Pilih delete All user .

6. Dengan begitu proses dimulai, hingga setelah selesai Kamu akan kehilangan semua data dan pengaturan pada ponsel Samsung Galaxy Young milikmu tersebut.

6. Setelah selesai maka pilih reboot now.

7. Samsung Galaxy Young SCH I-509 milikmu sudah kembali ke settingan pabrik, yaitu seperti ketika pertama kali beli.

Apa tujuan melepas SIM dan Memory Card?

Hal yang jangan sampai dilupakan yaitu ketika Kamu memfactory reset ponsel maka Kamu akan kehilangan semua data yang ada pada ponsel tersebut, sehingga pastikan SIM Card dan Memory card terlebih dahulu dilepas sebelum melakukan factory reset.

Nah setelah Kamu factory reset ponsel / HP, maka selanjutnya yaitu menginstal kembali berbagai program yang Kamu perlukan.

Semoga bermanfaat.

loading...

Tips dan Aplikasi Android, iOS

Software Edit Video

Tips Gadget dan Smartphone

Tips Internet

Tips Umum

Tips Komputer dan Laptop