Software SubMagic untuk Mengedit Subtitle Film

Software SubMagic untuk mengedit subtitle -- Berbicara mengenai tenang pembuatan subtitle, maka hal tersebut dapat dilakukan secara simple, yaitu hanya dengan memanfaatkan aplikasi notepad, yang merupakan sebuah program bawaan Windows. Dimana untuk membuat subtitle akan membutuhkan waktu yang lumayan lama, demikian juga ketika akan mengedit subtitle, juga akan membutuhkan waktu yang lama jika dilakukan secara manual, akan tetapi  dengan sekarang adanya program khusus yang dikembangkan seperti SubMagic ini maka sangat bermanfaat agar kita dapat mengedit subtitle film atau video secara cepat.

Software SubMagic untuk Mengedit Subtitle Film
Software SubMagic untuk Mengedit Subtitle Film

Mengedit subtitle memang dapat dilakukan dengan langsung dari aplikasi notepad, akan tetapi jika subtitle yang harus diedit sangat banyak tentunya akan memakan banyak waktu serta membuat jari menjadi keriting, untuk itu akan lebih mudah jika menggunakan bantuan aplikasi, karena memang yang paling terasa pada notepad tidak dapat untuk mengedit timer-nya sekaligus.

Menghadapi masalah dimana subtitle yang timingnya terlalu lambat atau juga sebaliknya yaitu terlalu cepat ketika kita menonton film atau video di PC, masalah seperti ini cukup sering terjadi, dimana penyebabnya karena framerate antara subtitle dengan film yang berbeda, atau dengan kata lain yaitu tidak sinkron, sehingga tidak enak kan apabila menonton tetapi timing subtitlenya tidak tepat. Untuk itu saya kira cukup penting membahas tentang cara memperbaiki subtitle agar timingnya menjadi tepat, sehingga menonton film atau video menjadi nyaman.

Software Submagic untuk mengedit subtitle film

Software SubMagicini merupakan sebuah program yang dapat kita gunakan untuk mengkonversi, mengedit, melakukan sinkronisasi serta juga membuat sub judul film. Dimana software SubMagic ini support untuk beberapa format, dengan memiliki banyak fitur dan fungsi, kemudian penggunaannya juga mudah atau friendly, dan utamanya software SubMagic ini gratis.

SubMagic ditulis dalam C ++ dengan menggunakan Microsoft Visual Studio 2005 dan tidak perlu. NET framework atau perpustakaan eksternal lainnya agar kita dapat menggunakannya. Adapun DirectX 9. 0c tetap diperlukan dalam pemutaran video. Langsung saja berikut di bawah ini penjelasan tentang cara penggunaan software.
  1. Pertama-tama tentu Kamu perlu untuk download software Submagic ini, klik disini untuk mendownload.
  2. Kemudian Install software SubMagic tersebut, hanya memerlukan waktu 1 menit saja.
  3. Lalu jalankan software SubMagic tersebut.
  4. Kemudian pilih menu play movie dan klik open sub.
  5. Pilih menu synchronize,
  6. Kemudian klik dimana letak subtitle yang tidak pas, seperti gambar di bawah.
  7. Pilih selection,
  8. Kemudian atur berapa detik selisih antara subtitle lama dan subtitle yang Kamu inginkan perubahan, entah itu 2 detik, 3 detik dan seterusnya.
  9. Apabila ingin subtitle lebih cepat maka klik button sooner, adapun jika ingin lebih lama maka pilih button later.
  10. Setelah Kamu selesai mengaturnya, maka klik Move.
  11. Untuk melihat hasilnya Kamu dapat melihat videonya tersebut  di alat pemutar video, karena untuk format seperti MKV dan MP4 ini, software submagic tidak compatible dengannya, tidak seperti pada (contohnya) software Aegisub yang dapat compatible dengan format tersebut, akan tetapi kekurangan software Aegisub tidak dapat menyimpan subtitle dalam format (*.srt)
  12. Adapun jika pada proses yang dilakukan tersebut subtitle masih belum terlalu pas yang sesuai dengan yang Kamu inginkan, maka Kamu dapat mengulangi langkah di atas lagi hingga subtitle benar-benar pas nantinya.

Jika ada masalah….
Ketika akan membuka software Submagic, ketika klik close di form support submagic, akan ada error, maka caranya dengan menyambungkan koneksi internet sebelum mengklik close. Mengatasi error dimana muncul tampilan pesan Runtime Error. Ketika software dibuka submagic akan menampilkan form Support Submagic, ketika di-klik tombol close muncul pesan Runtime Error original author.

Pesan error tersebut karena adanya script yang gagal dijalankan saat mencoba menghubungkan dengan account atau server, sehingga untuk mengatasi problem tersebut adalah dengan mengklik tombol close, dan usahakan perangkat PC terhubung dengan internet, sehingga nantinya pesan error tidak tampil, dan software dapat dijalankan kembali secara normal.

Semoga bermanfaat.

loading...

Tips dan Aplikasi Android, iOS

Software Edit Video

Tips Gadget dan Smartphone

Tips Internet

Tips Umum

Tips Komputer dan Laptop