Fitur-fitur Gesture Penting di iPhone dan iPad

Fitur Gesture Penting di iPhone dan iPad -- Kalau diperhatikan, bahwa tidak sedikit pengguna dari iPhone, iPad dan iPod Touch yang belum menggunakan fitur gesture dalam aktivtasnya menggunakan gadget-gadget dengan platform iOS tersebut. Yang kemungkinannya karena memang belum mengetahui cara penggunaan fitur gesture di iPhone dan iPad, dan ternyata tidak sedikit pengguna yang belum mengetahuinya.

Penggunaan fasilitas gesture dapat diterapkan pada hampir di semua aplikasi yang ada, sehingga fitur gesture ini cukup penting dan sangat bermanfaat untuk digunakan.

Adapun jika kamu belum mengetahui Apa itu gesture? Gesture yaitu aktivitas menyentuh layar dengan cara tertentu (untuk memasukan input tertentu) guna nantinya muncul efek atau perintah yang kita inginkan.

Fitur Gesture di iPhone dan iPad

Dengan begitu, penggunaan gesture ini sangat berguna untuk mempermudah, meringkas dan mempercepat pekerjaan Kamu saat mengoperasikan gadget. Langsung saja berikut di bawah ini beberapa fitur gesture yang dapat Kamu terapkan.

1. Shake to Undo
Ketika menggunakan gadget, tentunya kita pernah melakukan copy-paste, atau mungkin sering. Dimana beberapa orang pernah mengalami sebuah masalah, yaitu ketika mengetik teks di Notes, kemudian memilih mode Select All untuk nantinya menyalin ke tempat lainnya. Dan hal yang membuat sedih, ternyata dirinya tidak sengaja menekan pada salah satu tombil keyboard, sedangan teks masih dalam mode Select All dan belum disalin.

Alhasil sorotan pada semua teks tersebut hilang, bahkan juga teksnya. Padahal sudah capek-capek menyorot artikel dari atas ke bawah, karena satu kesalahan kecil maka hilang segalanya itu.

Jika kamu sering menghadapi masalah seperti ini, maka sekarang tidak perlu khawatir, karena Kamu dapat menggunakan fitur Shake to Undo.

Untuk penggunaannya, caranya hanya tinggal menggoyangkan perangkat iOS, lalu pilih Undo untuk mengembalikan teks sebelumnya itu. Gampang kan?

Untuk menggunakan gesture Shake to Undo maka Kamu perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Caranya:
  1. Akses bagian Settings
  2. Pilih General
  3. Pilih Accessibility
  4. Pilih Shake to Undo dan tekan tombol di halaman tersebut.

2. Seleksi Teks
Mungkin kamu pernah mengetik teks yang lumayan panjang, tetapi setelah itu baru sadar bahwa ada teks yang salah. Sebenarnya Kamu bisa menekan layar dengan mode kursor, sehinga nantinya dapat memindahkan arahnya ke bagian tersebut, yang menjadi masalah seringkali ini tidak akurat.

Sehingga, untuk mengatasi masalah ketidaktepatan tersebut, caranya mudah hanya dengan tekan dan tahan di bagian tersebut sehingga nantinya memunculkan fasilitas magnify glass. Sehingga mode edit teks menjadi lebih mudah, tepat dan cepat.

Selain itu, pada mode select text bisa juga menekan layar 2x untuk memberikan mode blok teks. Dimana penggunaan fasilitas ini sangat berguna bagi seseorang yang ingin menghapus, ataupun copy-paste teks dengan sangat cepat dan ringkas. Sehingga tidak perlu magnify glass.

3. Kembali ke Halaman Sebelumnya
Saat menggunakan browser Safari di iPhone atau iPad, biasanya yang dilakukan untuk berpindah ke halaman yang sudah dibuka sebelumnya atau setelahnya, adalah dengan bantuan tombol back atau forward. Daripada melakukan itu, ada cara yang lebih mudah yaitu dengan swipe ujung kiri layar ke kanan atau sebaliknya.

Dengan menggunakan gesture tersebut, memberikan manfaat pengguna untuk dapat dengan ringkas dan cepat berpidah ke halaman yang sudah dibuka sebelumnya atau setelahnya itu.

Sebenarnya mode gesture ini tidak hanya bisa digunakan pada browser Safari, selain itu juga bisa digunakan pada apps lainnya seperti Notes, Messages dan banyak lainnya, termasuk aplikasi pihak ketiga (aplikasi yang didownload dari luar) juga dapat menggunakan mode gesture ini.

4.  Cara cepat Page Up
Gesture ini juga tidak kalah diperlukannya untuk memudahkan Kamu ketika mengoperasikan iPhone maupun iPad. Saya yakin cukup jarang pengguna yang menggunakan fasilitas ini, padahal keberadaannya sudah ada dari sedari dulu di platform iOS.

Saat mengakses suatu aplikasi, yang bentuknya berupa tampilan list, maka dengan tekan sekali pada ikon jam, maka Kamu akan kembali menuju bagian yang paling atas di halaman aplikasi tersebut.

Kamu dapat menggunakan mode gesture ini di Twitter, Facebook, Tumblr atau lainnya. Ketika Kamu sudah lama dan dalam pergi ke bawah suatu halaman / aplikasi, maka Kamu bisa langsung ke atas dalam sekejap hanya dengan tekan sekali pada ikon jam.

5. Share Extension
Yaitu saat Kamu browsing misalnya, maka Kamu akan sering menemukan tuatan / link. Dengan hanya menekan dan tahan pada suatu tautan, setelah itu muncul beberapa opsi, seperti share extension atau opsi lainnya yang tergantung dari aplikasi yang digunakan.

Penggunaan Share Extension ini bisa digunakan pada tautan / link yang ada di Twitter, Facebook dan banyak lainnya.

Menggunakan Gestures Di iPad
Khusus untuk pengguna iPad, disana terdapat beberapa fungsi gestures yang juga penting untuk diketahui, sehingga penggunaan iPad dapat menjadi lebih optimal. Berikut di bawah ini penjelasan mode gesture-nya:

Mode Five-finger pinch
Hanya dengan melakukan fungsi 'grab' (bantuk gerakan seperti mengambil sesuatu) yang ada di layar iPad, yang dari sudut manapun. Dengan begitu Kamu bisa kembali ke homescreen.

Mode Four-finger swipe up
Ketika Kamu akan melihat multitasking bar atau aplikasi yang barusan dijalankan, maka mode four-finger swipe up ini bisa diandalkan dalam menggantikan fungsi double-tap home button. Kamu dapat memilih suatu apps lain atau swipe four-finger ke bawah guna menyembunyikan multitasking bar.

Mode Four-finger swipe left/right
Gunanya mode ini agar Kamu tidak perlu repot untuk sering-sering menggunakan multitasking bar. Kamu hanya perlu swipe dengan empat jari ke kanan atau kiri, maka setelah itu Kamu langsung menuju aplikasi yang sedang di jalankan atau aplikasi yang baru saja dipakai.

loading...

Tips dan Aplikasi Android, iOS

Software Edit Video

Tips Gadget dan Smartphone

Tips Internet

Tips Umum

Tips Komputer dan Laptop