Tips Menyelamatkan Data Pada CD / DVD Yang Tergores

Walaupun sudah ada model penyimpanan cloud yang bersifat online, dimana kita dapat melakukan backup atau menyimpan data di internet. Tetapi walaupun begitu media penyimpanan data di CD (Compact Disc) dan DVD tetap masih banyak digunakan.

Mungkin, karena harga Drive CD-Writer 52x yang relatif terjangkau, dimana dipasaran dijual dengan bermacam-macam merk dan juga bahan CD-R / CD-RW dengan kualitas bertingkat-tingkat. Tetapi walaupun Kamu menggunakan CD / DVD dengan kualitas yang tinggi, akan tetapi kalau merawatnya tidak baik, maka tetap saja akan cepat rusak yang ditandai dengan goresan.

Tips Menyelamatkan Data Pada CD / DVD Yang Tergores

Bahkan CD / DVD kualitas pas-pasan akan bisa lebih baik dibandingkan dengan yang berkualitas tinggi jika dirawat dengan baik, dimana merawat kaset tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya goresan, permukaan yang berjamur, retak bahkan patah.

Adapun masalah fisik CD / DVD yang retak atau bahkan patah, mengakibatkan data di dalamnya akan hampir tidak mungkin dapat diselamatkan. Adapun jika kondisinya seperti  tergores maka masih ada harapan menyelamatkan data-data atau file-file di dalamnya. Terdapat beberapa software yang didesain u untuk memiliki kemampuan menyelamatkan data seperti itu, beberapa diantaranya yaitu Software CD Data Rescue  dan Software CD Check  

Peran CD-ROM / DVD-ROM Drive sangat penting
Dimana kualitas hardware sangat berpengaruh dalam usaha menyelamatkan data di CD / DVD yang tergores agar tidak hilang. Dimana semakin baik kualitas error correction pada CD / DVD ROM drive, maka kemungkinan untuk menyelamatkan data atau file didalamnya semakin besar.

Kamu bisa mencari informasi dari penjual tentang info hasil test pada beberapa CD-ROM drive, Kamu dapat juga mencari informasinya dari majalah, tabloid, website yang membahas hardware, sehingga nantinya membeli produk yang memiliki kemampuan error correction yang terbaik.

Selain itu usahakan komponen CD-ROM / DVD-ROM tersebut terdapat fitur Multispeed, tujuannya supaya kecepatan maksimal CD-ROM bisa diatur secara manual, untuk melakukannya dapat dengan bantuan dari (salah satunya) software Nero DriveSpeed, Kamu bisa mendownloadnya secara gratis di alamat www.nero.com. 

Metode kerja CD-ROM / DVD-ROM yang perlu Kamu ketahui
Dimana pada dasarnya kecepatan CD-ROM berkurang secara otomatis saat membaca data pada CD yang tergores, dan kecepatan kembali normal ketika sudah melewati bagian yang tergores. Sehingga baik tidaknya dalam kecepatan otomatis ini tergantung dari firmware CD-ROM / DVD-ROM itu. Sehingga Kamu bisa melakukan update CD-ROM dengan firmware yang terbaru. 

Walaupun firmware terbaru kadang-kadang belum sanggup untuk menangani goresan pada keping CD / DVD yang sudah sangat parah, sehingga tergantung juga dari kondisi goresannya, untuk bisa menyelamatkan data di dalamnya. Tetapi dengan menurunkan kecepatannya, yang mungkin hanya sekitar 20%-nya, maka membesarkan harapan agar data di dalam kaset DVD / CD dapat terselamatkan.

Tetapi jangan lupa, bahwa  penting mengusahakan agar goresan jangan terlalu parah, disinilah pentingnya merawat kaset agar tetap dalam keadaan baik, terhindari goresan, atau bahkan patah. Untuk itu jangan meletakan kaset di tempat yang sembarangan, hal ini perlu untuk sering-sering diingat. Kemudian hal yang dapat Kamu lakukan adalah menghilangkan kotoran pada permukaan bawahnya, yang bagian ini untuk dibaca oleh optik.

Kotoran dan  goresan yang ringan dapat diatasi dengan menggunakan cairan pembersih khusus untuk keping CD / DVD, yang banyak dijual dipasaran. Dengan permukaan yang bersih, maka kemungkinan data terselamatkan semakin besar. Dengan begitu, penting memperhatikan hal-hal yang sudah disebutkan diatas.

Hal-hal perlu Kamu ketahui tentang keping CD / DVD ini yaitu:
  • Jika data di dalam sangat penting, maka rajin-rajinlah melakukan backup pada seluruh data yang ada di dalam CD / DVD tersebut, selagi kaset masih dalam keadaan baik.
  • Dalam memoles permukaan kaset CD / DVD maka jangan tidak menekan kain poles tersebut terlalu kuat.
  • Kamu bisa membersihkan optik, untuk melakukannya perlu berhati-hati.
  • Lakukan poles tersebut seluruh permukaan kaset, tujuannya supaya tidak terbentuk cekungan pada fisik CD /DVD tersebut.
  • Dalam memoles dengan kain poles, lakukan metode sebentar-sebentar, maksudnya yaitu jangan terus menerus memoles dalam waktu lama, lakukan jeda / istirahat,, misal setiap 20 detik istirahat. Tujuannya agar terhindar dari panas gesekan antara kain poles dengan permukaan CD / DVD.
  • Setelah DVD dipoles, maka segera tidak lama kemudian untuk mem-backup data di dalamnya, untuk menyelamatkan data-data di dalamnya.

Semoga bermanfaat

loading...

Tips dan Aplikasi Android, iOS

Software Edit Video

Tips Gadget dan Smartphone

Tips Internet

Tips Umum

Tips Komputer dan Laptop