Cara Mudah Reset Ulang Smartphone Android ke Pengaturan Awal

Reset Ulang Smartphone Android ke Pengaturan Awal -- Sekarang ini, seperti yang diketahui banyak orang bahwasannya Android menjadi sistem operasi khusus gadget / smartphone yang sudah sangat populer di dunia, termasuk juga di Indonesia, karena memang hal ini tidak terlepas dari banyaknya dukungan yang diberikan oleh pada developer aplikasi maupun game yang banyak membuat aplikasi untuk Android.

Cara Mudah Reset Ulang Smartphone Android ke Pengaturan Awal
Cara Mudah Reset Ulang Smartphone Android ke Pengaturan Awal

Dimana ada sangat banyak aplikasi yang tersedia untuk Android, kalau kita perhatikan saja di Google Play sendiri, terdapat ribuan bahkan jutaan aplikasi yang siap untuk kita gunakan, ada yang versi gratis, dan juga berbayar. Akan tetapi dibalik kelebihan itu semua, ada dampak negatif tersendiri untuk smartphone yang kita gunakan, dimana kerap mengalami gangguan berupa lag ataupun masalah kinerja ponsel yang tidak sesuai harapan, hal itu karena memang banyaknya menginstall aplikasi, launcher, serta kebiasaan menyimpan file dengan ukuran besar.

Cara Mudah Reset Ulang Smartphone Android ke Pengaturan Awal

Yang petting diingat, reset ulang android menjadi opsi terakhir ketika Kamu mengalami masalah pada ponsel android milikmu, dimana ada problem yang mengatasinya hanya cukup dengan melakukan hal-hal ringan, serta ada juga masalah yang membuat kita “terpaksa” reset ulang smartphone Android menjadi ke pengaturan awal. 

Reset ulang android ke pengaturan awal

  1. Pertama-tama cari, lalu pilih menu setting.
  2. Pilih pada menu Apps.
  3. Pilih aplikasi yang akan Kamu reset
  4. Nantinya muncul beberapa pilihan menu seperti force stop, uninstall, clear data.
  5. Kamu pilih clear data untuk melakukan reset.

Metode ini dilakukan untuk menghapus file aplikasi pada android, tetapi pada  temporary file atau file yang punya hubungan pada aplikasi yang dijalankan saja. 

Cara kedua untuk Reset ulang android ke pengaturan awal

  1. Pilih menu setting.
  2. Kamu cari menu backup dan reset.
  3. Pilih pada Tap factory data reset.
  4. Masukan centang, lalu Kamu pilih tap reset device.
  5. Proses reset mulai dilakukan, memakan waktu sekitar 10 menit, atau lamanya waktu proses berdasarkan juga dari faktor besarnya data-data atau file yang ada di smartphone Kamu.
  6. Dengan  selesainya proses reset, maka perangkat smartphone Kamu akan secara otomatis melakukan restart nantinya.

Cara ketiga untuk Reset ulang Android ke pengaturan awal

Metode yang ketika ini yang paling ampuh dalam melakukan reset ulang pada perangkat smartphone Android, dengan memanfaatkan masuk ke bagian recovery mode, untuk lebih jelasnya berikut di bawah ini langkah-langkahnya.
  1. Usahakan sebelum melakukan metode ini baterai dalam keadaan penuh, agar jangan sampai dalam proses restart, malah perangkat ponsel mati.
  2. Jika baterai sudah penuh, lalu matikan perangkat smartphone Kamu
  3. Kemudian Kamu tekan disertai dengan menahannya  pada tombol Volume up+home+power, tekan ketiga tombol tersebut secara bersamaan.
  4. Tekan tombol home.
  5. Setelah itu Kamu tunggu proses reset ulang Android hingga selesai.
  6. Lalu pilih pada menu reboot system now.

Untuk masuk ke recovery mode, cara melakukannya berbeda-beda pada setiap merek handphone, dan juga bisa tergantung dari tipenya handphone.

Masuk recovery mode pada Cross Ad350
Tekan home + volume down + tekan tombol power, lalu muncul tanda seru, lalu Kamu tekan home. Cara lainnya reset ulang Android ke pengaturan awal dengan menekan tombol dial khusus, yaitu *2767*3855#. Silahkan pilih secara bebas cara yang menurut Kamu paling mudah.

Masuk recovery mode pada Acer
Tekan tombol volume down+camera+power secara bersamaan, setelah itu tinggal ikuti perintah disana.

Masuk recovery mode pada Advan
Tekan power, ketika mulai start-up, maka tekan tombol volume down sampai muncul gambar Android, serta tanda segitiga + tanda seru. Lalu dengan cepat tekan tombol HOME, apabila tombol ini tidak berfungsi, maka bisa dengan menekan tombol MENU.

Masuk recovery mode pada Cross
Tekan dan tahan tombol volume down dan tombol power dengan bersamaan.

Android mengalami bootloop…
Pada beberapa ponsel mengalami masalah berupa tidak bisa kembali ke menu, masalah ini karena terjadinya Bootloop, dimana itu bisa terjadi karena pengguna telah mengedit custom rom yang menyebabkan ada file penting yang hilang. Dengan mengubah custom ROM maka membuat file sistem bawaan akan terganti. Dan ada penyebab lainnya dari bootloop.

Light Bootloop
Masalah Light Bootloop berupa terjadi blank screen, untuk mengatasinya dengan me-restart perangkat android, dan apabila masih ada yang kurang beres, maka Kamu dapat mematikan, lalu cabut baterai, biarkan selama 10 menit, lalu pasang baterai dan nyalakan perangkat kembali.

Medium Bootloop
Medium Bootloop terjadi karena menginstall script yang tidak jelas, untuk mengatasinya, apabila kamu memiliki file backup-nya, gunakan file backup untuk mengembalikan keadaan Android menjadi baik semula. Nah, apabila tidak ada file backup, maka jika terlanjur demikian untuk mengatasinya dengan bantuan dari pihak service center.

Hard Bootloop
Apabila smartphone Android hanya dapat masuk sampai Logo saja, lalu Android terus melakukan startup, maka perangkat kamu tersebut mengalami hard bootloop, untuk mengatasinya hanya bisa dengan pergi ke ahlinya, ke tempat service center di wilayah Kamu.

Semoga bermanfaat.

loading...

Tips dan Aplikasi Android, iOS

Software Edit Video

Tips Gadget dan Smartphone

Tips Internet

Tips Umum

Tips Komputer dan Laptop