3 Cara Ampuh Mengetahui Password Wifi Yang Lupa

Cara Ampuh Mengetahui Password Wifi Yang Lupa -- Wifi saat ini bukan lagi barang langka yang sulit ditemukan, dimana dari tahun ke tahun penggunaan jaringan Wifi meningkat dengan pesatnya, banyak orang yang mengakses internet dengan menggunakan metode jaringan Wifi.

Hal itu karena kemudahan yang ada pada Wifi, penggunanya tidak lagi harus berurusan dengan yang namanya kabel. Serta bisa dimana saja mengakses internet, dengan syarat selama itu dalam jangkauan wifi. 

3 Cara Ampuh Mengetahui Password Wifi Yang Lupa
3 Cara Ampuh Mengetahui Password Wifi Yang Lupa

Untuk keamanan dalam penggunaan Wifi ini, maka hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga password router. Selain itu, untuk mencegah penyusup yang masuk, serta ada pihak tertentu yang mengganti password Wifi Kamu, ataupun mencuri bandwidth milikmu, maka penting juga untuk secara berkala mengubah password secara teratur

3 Cara Ampuh Mengetahui Password Wifi Yang Lupa

Hal lainnya, pada beberapa device memang ada yang sudah dapat tersambung secara otomatis, dimana jadinya pengguna tidak perlu memasukan password, tentunya karena hal itu, kita jadinya menggunakan Wifi setiap hari tanpa perlu memasukan password Wifi, sehingga karena tidak pernah diingat, maka password wifi menjadi dilupakan, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melihat atau mengetahui kembali password  Wifi Kamu yang lupa.

1. Dengan melihat password Wifi, dari laptop yang pernah login ke Wifi tersebut.




Coba Kamu ingat-ingat apakah sebelumnya ada laptop yang pernah login ke jaringan Wifi Kamu tersebut, baik pada laptop yang menggunakan sistem operasi Windows maupun Mac, yang memiliki kemampuan untuk menyimpan password Wi-Fi yang telah kamu setujui untuk dimasukan sebelumnya. Adapun password Wifi tersebut tidak dapat ditemukan pada perangkat seperti Android yang telah dilakukan root padanya, maupun perangkat iPhone atau iPad yang telah dilakukan jailbreak.

Nah, cara mengetahui password Wifi yang tersimpan di Windows sebelumnya, dengan membuka daftar dari wireless network (yang ada di Control Panel). Caranya di bawah ini:
  1. Untuk lebih singkatannya, Kamu bisa langsung menekan tombol Win+R
  2. Lalu muncul sebuah kota isian, Kamu ketik ncpa.cpl
  3. Lalu Enter atau klik OK. 
  4. Lalu muncul sebuah jendela, kemudian klik kanan pada Wifi Network yang tersimpan
  5. Kamu pilih Status, lalu klik pada Wireless Properties. 
  6. Pilih atau buka tab Security
  7. Lalu lihat “Show characters”
  8. Dengan begitu Kamu dapat melihat password Wifi yang ada diperangkat laptop tersebut.

2. Melihat Password Wi-Fi di Router




Kamu juga dapat mengetahui password Wi-Fi di router Wi-Fi. Saat tidak dapat terhubung ke jaringan Wifi, maka masih dapat menghubungkan Wifi ke laptop atau bahkan komputer secara langsung, dengan bantuan kabel Ethernet. Saat perangkat tersebut sudah terhubung ke router Wifi, kemudian bukalah IP Address dari router. 

Seringnya ada di box, atau pada router Wifi itu sendiri terdapat IP Address-nya. Lalu ubahlah IP Address dengan IP Address router Wi-Fi. Setelah mengakses IP Address dari router Wi-Fi, maka segera lakukan login menggunakan username dan password default, yang seringnya sudah tertera pada box ataupun router.

Kemudian, dengan login yang sukses dilakukan, lalu pergi ke menu Wireless (atau semacamnya, yang tergantung dari merek router Wifi yang dipakai, lalu disana kita sudah dapat mengetahui password Wifinya. 

3. Lakukan reset router Wifi Kamu

Apabila memang sudah terlanjur, dimana cara pertama diatas, kita tidak ingat atau tidak mengetahui ada perangkat laptop yang mengakses Wifi kamu tersebut, maka cara “terpaksa” yang harus dilakukan, yaitu melakukan reset router Wi-Fi, yang nantinya router Wi-Fi dapat kembali lagi ke pengaturan pabrikan semula. 

Dengan begitu, semua setting yang telah dilakukan akan kembali seperti awal mulanya. Yang setelahnya, Kamu sudah dapat secara langsung login ke router Wi-Fi, lalu membuat password Wifi secara bebas, sesuai dengan keinginan

Nah, cara reset router Wi-Fi, dimana umumnya produsen menempatkan nya di router Wifi dengan tombol kecil, juga bisa ada di dalam lubang yang ukurannya sebesar jarum. Dengan begitu, kita perlu alat seperti jarum, tusuk gigi atau semacamnya, yang nantinya digunakan untuk reset router Wifi. 

Mungkin butuh waktu untuk melakukannya, jika kamu telah menemukannya, maka tekan dan tahan sekitar 15 detik atau setengah menit, perhatikan pada lampu router memberikan sinyal untuk melakukan reboot. Setelah berhasil dilakukan, maka hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah setting router Wi-Fi, yang seperti dulu dari awal lagi. Hal lainnya yang perlu dilakukan yaitu menghubungkan lagi semua device / perangkat untuk dapat terhubung lagi ke jaringan wifi tersebut.

Semoga bermanfaat.

loading...

Tips dan Aplikasi Android, iOS

Software Edit Video

Tips Gadget dan Smartphone

Tips Internet

Tips Umum

Tips Komputer dan Laptop