13 Tips Ampuh Agar Bisa Konsentrasi Penuh & Meningkat

Tentunya untuk dapat menjalani aktifitas sehari-hari dengan baik, maka diperlukan kemampuan Konsentrasi yang baik, sehingga nantinya aktifitas yang kita lakukan dapat berjalan dengan lancar.

Akan tetapi tidak jarang muncul masalah konsentrasi, dimana kita sulit untuk fokus dalam mengerjakan sesuatu.

Disamping pentingnya menjaga fokus pada aktifitas yang dilakukan, konsentrasi juga memiliki kaitan pada kemampuan daya ingat, dengan daya ingat yang tinggi maka ingat konsentrasi yang dimiliki juta menjadi baik nantinya.

Tips Ampuh Agar Bisa Konsentrasi Penuh & Meningkat
Sumber gambar: Commons.Wikimedia.org

Tips Ampuh Agar Kita Bisa Konsentrasi Penuh
Nah, banyak orang yang mengeluh bahwa dirinya sulit untuk berkonsentrasi, dan bahkan sampai ada dibuatkan suplemen khusus agar nantinya orang yang mengkonsumsinya dapat terbantu untuk bisa fokus.

Untuk Kamu yang ingin agar bisa konsentrasi secara penuh, dengan meningkatkan kemampuan konsentrasi, maka ada beberapa hal yang bisa Kamu coba lakukan, berikut di bawah ini penjelasannya.

1. Coba abaikan hal-hal kecil disekitar
Hal yang cukup unik, kalau diperhatikan pada hewan laba-laba, dimana laba-laba membangun sarangnya dengan sangat fokus tanpa terganggu dengan hal-hal kecil apapun. Nah, dengan menganalogikan hal itu, tentu kita bisa menerapkannya, dimana hendaknya kita bisa mengabaikan hal-hal kecil yang disekitar kita yang dapat mengganggu.

Sehingga hal itu sedikit-banyak bermanfaat untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi.

2. Waktu tidur baik
Perhatikan kapan dan berapa lama waktu tidur kamu pada setiap malamnya, cukup penting memperhatikan waktu tidur, dimana yang ideal yaitu orang dewasa tidur minimal 6 jam pada malam hari, dan disarankan tidur siang pada selama satu atau setengah jam. Dengan memiliki waktu tidur yang cukup, maka tubuh dapat lebih fresh, dan otak dapat lebih berkonsentrasi.

Pada malam hari, jangan tidur terlalu larut malam, dan matikan lampu ketika tidur.

loading...

3. Melatih diri untuk memusatkan perhatian sejenak pada satu titik fokus
Kamu bisa mencoba untuk memusatkan semua perhatianmu pada satu titik fokus saja, sehingga ini akan melatih diri Kamu, tidak perlu pada hal-hal yang besar, cukup pada hal yang sederhana saja, karena ini hanya untuk melatih diri untuk dapat fokus dan konsentrasi.

Seperti Kamu dapat memusatkan perhatikan pada dedaunan hijau atau pemandangan tertentu yang bagus, maka hal ini sedikit banyak bermanfaat untuk menghilangkan gangguan yang secara tidak sadar ada di sekeliling Kamu, sehingga dapat lebih membuat Kamu dapat berkonsentrasi jadinya.

Setelah itu baru Kamu mulai melatih diri untuk memusatkan perhatian pada hal-hal yang besar.

4. Prioritaskan satu hal baru yang lainnya
Hal yang kurang baik dan tidak direkomendasikan yaitu kebiasaan mengerjakan banyak aktivitas secara bersamaan, yang hal ini dikenal dengan nama multitasking. Kamu perlu menghindari hal itu, dengan hanya fokus pada satu pekerjaan / aktifitas saja, maka sebenarnya ini sangat baik untuk melatih fokus dan konsentrasi Kamu.

Akan tetapi melakukan multitasking menyebabkan menurunnya konsentrasi yang Kamu miliki, apabila hal itu berlanjut secara terus menerus maka dapat merusak konsentrasi kamu, dimana menjadi sulit berkonsentrasi untuk menjalani sebuah aktifitas.

5. Sisihkan waktu sebentar untuk melamun
Dengan melamun selama beberapa saat (tentunya jangan melamun ketika banyak pekerjaan), maka ini ternyata dapat bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus. Hal yang baik dilakukan waktunya yaitu melamun selama 15 menit sebelum tidur.

Dimana itu kegunaannya agar otak dapat beristirahat dan merefesh pikiran, serta agar pikiran tidak sempit, yang dengan begitu dapat memperbaiki tingkat konsentrasi kita nantinya.

6. Batasi makanan yang mengandung gula berlebih
Asupan makanan yang dikonsumsi bisa memberikan pengaruh terhadap kemampuan berkonsentrasi saat baru saja bangun tidur. Karbohidrat berlebih yang terkandung pada makanan yang kita konsumsi menyebabkan efek buruk, kita nantinya condong untuk merasa mudah lelah dan juga menjadi malas beraktifitas, yang juga menyebabkan sulit untuk berpikir dengan baik.

Masalah seperti ini karena insulin yang mengalir di dalam darah kita untuk menangkal gula darah yang ternyata tinggi.

7. Sekali-kali boleh liburan, tapi jangan setiap hari
Liburan memiliki manfaat jika dilakukan dengan benar, yaitu dapat menyegarkan pikiran dan hati seseorang dari berbagai pekerjaan yang membuat penat kepala. Dengan liburan yang biak, maka bermanfaat untuk mencari suasana baru yang juga baik tentunya, sehingga efek positifnya agar mood dapat stabil dan juga dapat terus bersemangat.

8. Lakukanlah berbagai aktivitas yang dapat memperlancar aliran oksigen
Dalam usaha mencapai kondisi konsentrasi yang tinggi dan baik, maka juga tubuh harus dalam keadaan yang tenang dan nyaman, sehingga kita bisa melakukan aktifitas secara maksimal karenanya.

Dengan rasa nyaman tersebut, dimana kita tidak merasa tertekan, maka bermanfaat juga bagi tubuh, aliran oksigen ke otak dapat menjadi maksimal atau lancar, ketenangan dan kenyamanan amat penting didapatkan, karena menjadi dasar yang penting agar kita bisa berkonsentrasi dengan baik, untuk itu penting bagi kita berusaha melakukan aktifitas yang menyenangkan.

Atau juga penting bagi kita berusaha mencintai setiap aktifitas yang dilakukan.

9. Minum air putih yang banyak
Sering-seringlah untuk mengkonsumsi air putih, kalau bisa setiap jam atau setiap 2 jam dapat mengkonsumsi air putih. Hal ini penting, karena apabila cairan atau air putih di tubuh kurang, maka dapat berdampak buruk yang membuat seseorang sulit untuk konsentrasi.

Berdasarkan penjelasan dari Harris Lieberman, Ph.D, yang merupakan peneliti dari Army Research Institute of Environmental Medicine, katanya bahwa rasa haus bukan menjadi indikator yang tepat untuk menentukan waktu minum, dimana ketika seseorang merasa bahwa dirinya sulit berkonsentrasi dan fokus, maka kejadian itu menjadi tanda bahwa tubuh memerlukan air putih.

10. Ganti Kopimu dengan olahraga
Apabila memang sebelumnya amat bergantung pada kopi (berlebihan dalam mengkonsumsi kopi), minum kopi memiliki manfaat untuk memperkuat konsentrasi. Disamping itu, Kamu bisa ganti sekali-kali dengan melakukan aktifitas olahraga yang ringan-ringan saja,

Kamu dapat melakukan jogging pada setiap pagi hari, tidak usah lama-lama, cukup selama 15 menit saja. Hal ini berdasarkan dari penjelasan para peneliti yang berasal dari University of Illinois, mengungkapkan hasil penelitiannya bahwa oleh raga jogging selama 15 hingga 30 menit bermanfaat untuk meningkatkan dan mengaktifkan fungsi otak, yang itu berhubungan dengan kemampuan konsentrasi, sera dapat menajamkan fokus dan menghilangkan kantuk.

11. Memuat Make to do list.
Yaitu membuat daftar prioritas pekerjaan yang perlu dikerjakan dan selesai pada hari ini, dengan membuatnya maka Kamu dapat ingat dan bisa tahu dengan mudah tentang pekerjaan apa saja yang harus Kamu kerjakan, ini akan memberikan keteraturan dalam kehidupanmu.

12. Jauhkan dari gangguan sekitar.
Kamu bisa matikan atau minimal menurunkan volume dering telepon genggam, serta apabila beraktifitas tanpa memakai koneksi internet, maka matikan koneksi internet tersebut, sehingga kamu dapat terhindari dari yang namanya “virus” Facebook ataupun Twitter, yang akan membuat waktu Kamu habis seharian karenanya saja.

Dengan melakukan hal-hal tersebut maka Kamu bisa terhindari dari sesuatu yang dapat membuat kacau konsentrasi Kamu.

Demikian juga kita perlu tegas, apabila teman Kamu ingin mengajak ngobrol atau melakukan aktifitas hanya bermain-main saja yang tidak prioritas, maka jangan sungkan untuk menolak dengan halus ajakan teman kamu tersebut, sehingga Kamu nantinya bisa konsentrasi menyelesaikan deadline pekerjaan dengan tepat waktu.

13. Manfaatkan waktu juga untuk istirahat
Tidak baik memaksakan otak untuk terus bekerja dan beraktifitas, karena hasilnya tidak akan efektif, dan bahkan dapat membahayakan kesehatan. Ketika pikiran sedang penat, Kamu bisa barang sesaat saja untuk rebahan lalu memejamkan mata,

Kamu bisa melakukannya dengan lima menit saja, maka dengan begitu pikiran atau otak dapat terasa fresh kembali, dan Kamu dapat berkonsentrasi dengan lebih baik dari sebelumnya.

Semoga bermanfaat.
loading...

Tips dan Aplikasi Android, iOS

Software Edit Video

Tips Gadget dan Smartphone

Tips Internet

Tips Umum

Tips Komputer dan Laptop