26 Tips Ampuh Agar Tubuh Menjadi Lebih Kurus [Lengkap]

Tips Agar tubuh menjadi lebih kurus -- Tentunya punya tubuh yang kurus (tetapi tetap ideal, tidak kurus seperti kurang gizi) merupakan keinginan dari banyak orang sebenarnya, karena selain baik untuk penampilan, juga orang dapat kurus dapat lebih produktifitas karena tubuhnya terasa ringan jika digunakan untuk segala aktifitas. Dan tubuh kurus ini menjadi dambaan bagi orang dengan berat badan yang berlebihan, sehingga dengan tubuh yang kurus ideal maka membuat lebih energik dan percaya diri.

Berbicara masalah tersebut, tentu kembali ke pembahasan diet, agar bisa memiliki bentuk tubuh yang ideal, akan tetapi diet secara ekstrem atau berlebihan dilakukan, itu tidaklah dianjurkan karena malah menimbulkan efek negatif yang lebih para dibanding dengan manfaatnya, itu  pun jika program diet berhasil.

Dan menguruskan badan ini memang menjadi sebuah perjuangan yang cukup berat, tetapi jika dilakukan dengan benar dan disiplin, maka Kamu dapat dengan mudah mengurangi berat badan beberapa kilogram secara cepat. 

Tips Ampuh Agar Tubuh Menjadi Lebih Kurus, pembahasan lengkap

Berikut di bawah ini poin-poinnya, perhatikan dengan baik:
  1. Tentunya makan lebih sedikit dari biasanya, apabila biasanya Kamu makan berlebih, maka kurangi porsi makananmu sekiranya, yang penting asupan makanan yang Kamu konsumsi tetap bisa membuatmu beraktifitas sehari-hari dengan baik.
  2. Rajin berolahraga, apabila sudah dilakukan, maka tambahkan intensitas olahraga agar lebih banyak, tetapi tetap berolahraga sesuai dengan kemampuan
  3. Kamu bisa melakukan olahraga aerobik seperti berlari, berenang, dan bersepeda. Olahraga tersebut sangat baik karena efektif membantu Kamu untuk mempercepat metabolisme, serta membakar kalori.
  4. Hindari makan sebelum tidur, untuk itu hindari makan dalam dua jam menjelang Kamu akan tidur. Dimana metabolisme tubuh akan menurun saat tidur, sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna makanan. 
  5. Biasakan makan lebih awal atau sarapan untuk memberikan energi yang Kamu butuhkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
  6. Jangan juga sampai tidak makan. Dimana melewatkan makan, untuk memaksa tubuh dalam keadaan lapar (padahal sedang tidak puasa), maka hal ini tidaklah baik untuk kesehatan, bahkan justru membuat tubuh menyimpan lemak ekstra.
  7. Melaparkan diri hingga tubuh lemas tidaklah baik, selain Kamu akan kesulitan dalam menjalani aktifitas sehari-hari, sehingga tidak maksimal. Metabolisme tubuh juga akan melemah, sehingga malah membuat proses pencernaan makanan menjadi kurang maksimal.
  8. Sebenarnya, lebih baik makan sebanyak empat atau lima kali dalam sehari dengan porsi sedikit, dari pada makan sebanyak dua kali sehari tetapi dalam porsi banyak. Hal itu karena tubuh lebih memiliki banyak waktu untuk mencerna makanan.
  9. Sekali-kali sebagai pengganti makanan pokok seperti biasanya dikonsumsi, Kamu bisa mengkonsumsi potongan buah seperti buah pisang  apel, semangka, melon dan semacamnya. Kamu juga bisa membuat jus, yang sudah cukup mengenyangkan.
  10. Jangan lupa minum banyak air putih. Karena banyak orang keliru bahwa dirinya sedang rasa lapar atau haus. Mungkin saja muncul perasaan ingin makan, padahal sebenarnya tidaklah lapar, tentu apabila makan terus-menerus membuat program menurunkan berat badan menjadi gagal. Sehingga dengan minum air putih, maka kamu dapat terhindar dari makan berlebih, selain itu juga mencegah tubuh kekurangan cairan.
  11. Rajin-rajinlah untuk mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, dan makanan yang mengandung protein yang cukup. 
  12. Gantilah roti tawar putih dan nasi. Apabila kebiasaan Kamu mengkonsumsi nasi dan roti tawar putih, maka sekali-kali Kamu bisa menggantinya dengan gandum.
  13. Kurangi sumber kalori yang berasal dari roti, pasta, dan makanan manis. Dan jangan mengkonsumsi alkohol, karena kalau tidak, berat badanmu akan sulit turun.
  14. Mencegah nafsu makan yang berlebihan. Jika ingin menurunkan berat badan, penting untuk selalu mengingat agar mengkonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan, sehingga hindari makan secara berlebihan, apalagi sampai berkali-kali, maka berat badan akan sulit turun.
  15. Jangan kembali pada pola makan lama, maksudnya ketika Kamu sukses untuk menurunkan berat badan, maka perut Kamu menjadi mengecil, itu artinya Kamu hanya membutuhkan makanan yang lebih sedikit jumlahnya dibandingkan dengan sebelumnya. Nah, Ikutilah kebutuhan tubuh sesuai keadaan tersebut. Apabila Kamu kembali kepada pola makan yang lama, maka berat badan kamu akan bertambah seperti sebelumnya.
  16. Atur pola makan dengan baik, jangan sampai juga Kamu nantinya terus merasa menderita karena terlalu ketat menerapkan pola, hingga justru membuat Kamu tidak nyaman dan menyerah terhadap rencana diet yang dilakukan. Untuk itu walaupun sedang diet, tetapi tetap jangan lupa menerapkan pola gaya hidup yang nyaman oleh Kamu, jangan terlalu memaksakan.
  17. Minuman yang panas seperti kopi dan teh bisa membuat Kamu merasa lebih kenyang. Untuk itu, Kamu bisa mengkonsumsi kopi, atau kalau Kamu kurang suka kopi yang memiliki zat kafein, Kamu bisa mengkonsumsi teh yang juga memberikan rasa kenyang.
  18. Kamu juga bisa sekali-kali menari alternatif makanan yang juga sehat, seperti jika Kamu suka makanan yang rasanya manis, maka Kamu bisa mencoba dark chocolate, yang dengan kandungan susunya lebih rendah dibanding milk chocolate, kamu juga bisa mengkonsumsi madu dan yogurt yang sehat dan rendah lemak. Nah, dengan begitu kamu tetap bisa menikmati makanan manis, tanpa perlu cemas dapat menggagalkan usaha menurunkan berat badan.
  19. Jangan menimbang berat badan setiap hari, karena hal tersebut malah membuat resah.
  20. Kamu bisa mencari teman yang juga ingin menjadi lebih kurus, sehingga nantinya bisa saling sharing, tukar ide dan petunjuk, hal ini baik untuk memotivasi Kamu untuk menurunkan brat badan.
  21. Jangan sampai program diet yang dilakukan malah membuat tubuh kekurangan gizi. Kamu perhatikan tanda-tanda kekurangan gizi seperti massa otot tubuh berkurang, tubuh menjadi mudah lesu, kesulitan tubuh untuk mempertahankan suhu tubuh yang normal, daya tahan menurun dan kesulitan bernapas.
  22. Konsumsi teh hijau, Kamu juga bisa mengkonsumsi teh hijau dengan rasa tawar, yang memiliki manfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung, mencegah kolesterol dan dapat membakar lemak, yang bak untuk diet. Selain itu juga jangan malas untuk minum air putih, dimana air putih membantu tubuh untuk membersihkan racun-racun melalui keringat yang keluar.
  23. Hindari banyak makan pada malam hari, kebiasaan makan cemilan pada malam hari bukanlah hal yang baik dilakukan, karena pada malam hari tentunya cenderung untuk lebih sedikit melakukan aktivitas fisik, sehingga hanya sedikit kalori yang terpakai, yang akhirnya membuatnya menumpuk di dalam tubuh, hasilnya yaitu membuat perut buncit. 
  24. Hindari sering makan makanan instant atau cepat saji, karena kalori dan lemak akan semakin menumpuk di dalam tubuh, untuk itu ganti makanan instan dengan sayur sayuran atau buah-buahan segar. 
  25. Jangan terlalu banyak duduk lama. 
  26. Hindari makanan yang banyak mengandung gas dan berminyak, diantaranya seperti permen karet, ubi dan minuman bersoda yang mengandung gas, yang dapat membuat perut kembung. Demikian juga makanan yang berminyak seperti gorengan yang jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan kolesterol, dan dapat menggagalkan usaha membuat tubuh lebih kurus.

Semoga bermanfaat.

loading...

Tips dan Aplikasi Android, iOS

Software Edit Video

Tips Gadget dan Smartphone

Tips Internet

Tips Umum

Tips Komputer dan Laptop