Cara-cara Mempercepat Booting OS Windows

Cara Mempercepat Booting OS Windows -- Tentunya sebagai pengguna sistem operasi Windows Kamu ingin agar loading awal atau proses booting dapat berjalan dengan cepat dan singkat, untuk itu pada kali in saya akan membahas tentang cara-cara untuk mempercepat booting Windows baik itu pada versi OS yang lama yaitu Windows XP hingga OS yang baru yaitu Windows 7.

Untuk melakukan hal seperti ini bukalah sesuatu yang sulit untuk dilakukan, karena kita hanya perlu melakukan langkah-langkah yang sederhana saja.

Cara-cara mempercepat booting OS Windows

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat booting pada sistem operasi Windows, langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  1. Tekan tombol master, yaitu Windows+R yang berfungsi untuk membuka menu Run
  2. Pada fitur Run tersebut terdapat kotak, isi dengan Msconfig setelah itu tekan enter atau OK.
  3. Akan muncul jendela baru
  4. Pilih pada tab boot, ubah parameter boot tersebut menjadi 5 atau 10, setelah itu tekan tombol Apply.

Cara-cara Mempercepat Booting OS Windows
Cara-cara Mempercepat Booting OS Windows

5. Lalu (masih pada tab boot), klik pada tombol Advanced Options

6. Pada Number of Processors, disana Kamu centang dan pilih angka yang paling besar. Kemudian tekan OK. Lihat pada gambar di bawah ini.

Cara-cara Mempercepat Booting OS Windows

7. Klik pada tombol Apply.

8. Pada tab Startup, hapus centang pada program yang memang tidak diperlukan, hati-hati jangan sampai kamu menghilangkan centang pada program yang masih diperlukan.

Cara-cara Mempercepat Booting OS Windows
Cara-cara Mempercepat Booting OS Windows

9. Klik tombol Apply, lalu OK.
10. Restart PC/Komputer.
11. Selesai

Cara lainnya
Terdapat berbagai cara untuk mempercepat booting, utamanya pada sistem operasi terbaru seperti windows 7, dimana sistem operasi Windows ini lebih berat dari pada sistem operasi klasik seperti Windows XP, sehingga secara dari kecepatan dan ringannya maka XP masih yang terbaik. Apabila Kamu menjalankan Windows 7 ataupun Windows Vista yang lebih berat lagi, maka tenang saja Kamu dapat menggunakan banyak cara untuk mempercepat proses Booting.

Seperti dijelaskan sebelumnya, sudah dijelaskan cara menghapus start up program dengan menggunakan fasilitas msconfig dengan tujuan mengurangi beban start, akan tetapi masih ada cara lainnya, seperti menggunakan Group Policy Editor yang sangat berguna untuk membantu waktu start up, berikut langkah-langkahnya di bawah ini.
  1. Masuk Group Policy Editor di control panel, fasilitas seperti ini tidak terdapat pada versi Home dan Starter Edition.
  2. Klik pada tombol windows, dan dalam kotak dialog ketik gpedit.msc lalu klik OK.
  3. Pergi ke Computer configuration => Administrative Template => Systems => Troubleshooting and Diagnostics => Windows Boot Performance Diagnostics.
  4. Double klik pada Configure Scenario Execution level. Pilih Enable pada menu tersebut.
  5. Dibawah kolom Scenario Executio level , lalu klik panah drop-down, lalu pilih pada menu Detection, Troubleshooting and Resolution.
  6. Lalu Diagnostic Service Policy harus dalam keadaan start.
  7. Dengan begitu fasilitas ini akan berjalan, untuk memastikan memang fasilitas tersebut berjalan maka Kamu dapat memeriksa pada bagian Services, dan pastikan DSP dalam posisi running.

Cara mempercepat booting  dengan fasilitas Advance Boot

Untuk menggunakan metode seperti ini maka hanya bisa pada komputer atau laptop dengan prosesor yang lebih dari 1 core, seperti dual core, core 2 duo, i3, i5 dan quad core. Karena memang metode ini bekerja dengan melakukan pengubahan pada jumlah core yang digunakan dalam melakukan booting. Apabila dalam keadaan normal hanya menggunakan 1, akan tetapi sekarang akan disetting sehingga jumlahnya menjadi maksimal dari core yang ada tersebut. Berikut di bawah ini langkah-langkahnya.
  1. Tekan tombol Windows + R
  2. Muncul kotak Run, disana ketik “msconfig” lalu tekan Enter atau klik pada tombol OK.
  3. Masuk ke tab Boot
  4. Lalu pilih menu Advanced options
  5. Centang pada bagian Number of processors
  6. Klik tanda panah ke bawah, pilihlah angka yang paling besar (maksimal).
  7. Lalu Klik OK, restart komputer, selesai

Dengan menghapus isi folder Prefecth

Cara mempercepat booting dengan menghapus isi folder prefetch ini dapat Kamu terapkan pada Windows 7, Windows XP dan Windows Vista. Ketika menjalankan program, maka Windows membuat sebuah file berukuran kecil di folder prefetch, dimana tujuannya jika pada lain waktu Kamu menjalankan program itu, maka Windows dapat lebih cepat melakukan load tersebut.

Memang fitur ini sangat berguna, akan tetapi juga memiliki efek yang jelek, yaitu proses booting menjadi lambat, hal itu karena Windows akan sibuk dahulu untuk membaca file-file di dalam folder prefetch yang banyak tersebut. Sehingga jika file-file tersebut dihapus, dengan begitu proses booting akan menjadi lebih cepat. Berikut di bawah ini langkah-langkah  menghapus isi folder prefetch.
  1. Pergi ke Windows Explorer
  2. Masuk ke drive C => Windows => Prefetch
  3. Disana Kamu tinggal delete / menghapus semua isinya, cara cepatnya dengan menekan tombol Shift + Del.

Cara Windows Boot Performance Diagnostic

Untuk melakukan cara mempercepat booting seperti ini maka Kamu pergi ke group policy, akan tetapi fasilitas ini tidak ada pada Windows 7 versi Starter dan juga versi Home Edition (termasuk tidak ada pada Windows XP). Berikut di bawah ini langkah-langkahnya.
  1. Tekan tombol Windows + R
  2. Lalu ketik gpedit.msc lalu klik tombol Enter
  3. Setelah itu masuk ke bagian Computer configuration, lalu masuk ke Administrative Template => Systems => Troubleshooting and Diagnostic => Windows Boot Performance Diagnostic
  4. Setelah     Double klik “Configure Scenario Execution Level”. Pilih “Enable”.
  5. Pada Scenario Execution Level, cari dan pilih Detection Troubleshooting and Resolution.
  6. Klik OK.

Semoga bermanfaat.

Baca juga: Tips Membuat Komputer Lebih Cepat dan Stabil

loading...

Tips dan Aplikasi Android, iOS

Software Edit Video

Tips Gadget dan Smartphone

Tips Internet

Tips Umum

Tips Komputer dan Laptop